Turunkan resiko kanker dengan berolahraga

kbrHealth-Sering berolahraga ternyata bermanfaat mencegah penyakit kanker. Demikian diungkapkan dr. Manami Inoue dan timnya dari pusat kanker nasional jepang di tokyo. Dalam risetnya, dr. Manami menganalisis kejadian kanker pada 79.771 partisipan pria dan wanita yang berusia 45 sampai 74 tahun.

Para peneliti mengungkapkan, rasa malas untuk meningkatkan level aktivitas fisik(olahraga) menjadi penyebab utama perkembangan berbagai jenis penyakit kanker. Pada pria yang sering berolahraga, 13 % lebih rendah daripada pria yang jarang berolahraga akan terkena penyakit kanker. Sedangkan pada wanita, berisiko 16% lebih rendah terkena kanker dibanding wanita yang kesehariannya hanya diam dan duduk di tempat kerjanya maupun aktivitas sehari-hari. Keterkaitan ini makin jelas saat para peneliti mempertimbangkan faktor lain seperti berat badan, usia, kebiasaan merokok serta pasokan kalori per hari.

Aktivitas dalam menurunkan risiko kanker tidak hanya dilakukan dengan berolahraga, tetapi jumlah waktu yang terpakai untuk berjalan kaki, aktivitas ditempat kerja dan pekerjaan sehari-hari di rumah.
"Hasil riset yang kami temukan bahwa total aktivitas fisik sehari-hari(bukan hanya olahraga), dapat bermanfaat mencegah perkembangan penyakit kanker pada pria dan wanita di Jepang," ungkap Inoue.
Kesimpulannya, dengan berolahraga dapat mencegah penyakit kanker karena paling tidak berat badan jadi terkontrol. Secara teori, aktivitas fisik menimbulkan efek positif lainnya dalam mencegah risiko penyakit kanker.(lina/kbrHealth)
Tags: , ,

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 comments

Leave a Reply